Minggu, Agustus 14, 2011

UL-DAUL

UL-DAUL
UL-DAUL sebenarnya adalah budaya religius sebagian masyarakat madura untuk membangunkan orang-orang untuk meramaikan malam-malam Romadhon. Awalnya sebagian masyarakat menggunakan kentongan yang ditabuh keliling kampung, namun seiring dengan berjalannya zaman, kentongan digantikan dengan alat-alat musik sehingga UL-DAUL sekarang terkenal dengan musik khas asal madura.

UL-DAUL kentongan masih bisa saya dengarkan. Biasanya yang memainkannya adalah sekumpulan anak-anak kecil yang sepertinya tidak mau kalah dengan orang dewasa. Mereka biasanya memainkan musik UL-DAUL kentongannya dari jam 1-3 malam. Jarang saya temukan musik UL-DAUL yang terus main sampai para pendzikir di masjid-masjid mengalunkan sholawat dan ajakan mereka untuk sahur. 


UL-DAUL SARONEN. Sumber : Sampang.web.id
Sayangnya sekarang UL-DAUL hampir tidak bisa dibedakan dengan budaya musik lain yaitu SARONEN yang biasanya dilakukan menjelang pertunjukan kontes SAPEH SONOK (Miss SAPI) atau KARAPAN SAPI. UL-DAUL yang pada awalnya tidak memiliki penari wanita untuk mengiringinya, akhir-akhir ini dalam kontes-kontes yang diadakan pemerintah kabupaten setempat tidak bisa dilepaskan dari para penari wanita yang sejatinya adalah budanya SARONEN yang khas. Akhirnya dalam kontes-kontes tersebut UL-DAUL bukanlah UL-DAUL yang awalnya sangat relegius.

3 komentar:

M. Faizi mengatakan...

Ul-Daul, yagn kadang dibaca secara tidak kaprah menjadi ul-gaul, awalnya, yang saya tahu, merupakan musik tontong (perkusi) dari alat-alat bekas dan biasanya ramai dibulan puasa.

Kalau kritik musikalitasnya, saya menyayangkan karena jenis pukulan dan iramanya sangat monoton. Jarang ada perubahan. Seolah-olah, semua ul-daul itu nyaris sama dengan seperti yang dipertontonkan oleh kelompok Semut Ireng bertahun-tahun lalu, di Pamekasan.

A.A.Hafizh mengatakan...

uldaul emang sekarang menjadi gaul ... :) thanks wat komennya mr.artis ...

OReng Sampang mengatakan...

Ul Daul Menurut sejarah berawal dari kota sampang yg berdiri pertama di kampung ruberuh :) Salam