Jumat, Maret 11, 2011

Dari Odong-odong menuju Gumul

Odong-odong adalah salah satu alat transportasi yang paling favorit di Pare. Bahkan sampai ada ucapan yang menyatakan bahwa jika belum naik odong-odong maka belum sah menjadi pendatang di Pare. Odong-odong umumnya berupa kendaraan yang mirip kereta mini. biasanya memiliki dua sampai tiga gerbong dengan empat baris tempat duduk di setiap gerbongnya dan dua sampai tiga kursi di setiap barisnya.

Biasanya teman-teman menyarter odong-odong untuk jalan-jalan bersama menuju satu tujuan wisata. Contohnya kemaren ketika rombongan teman-teman saya menuju Gumul, maskot kota Kediri. Kurang lebih 17-an orang yang ikut serta dalam perjalanan tersebut dengan mengendarai odong-odong. Agak seru karena perjalanan dari tempat kursus ke Gumul kurang lebih 45 menit perjalanan dengan menggunakan odong-odong. Selama perjalanan kita sempatkan diri untuk mengabadikan moment tersebut dengan berfoto ria.

Naik odong-odong

Setelah sampai ke Gumul, kita langsung menuju tugu maskot kota Kediri itu. Simpang lima, kebanyakan warga sekitar memberi nama tempat tersebut yang ternyata sangat ramai dengan berbagai macam penjual makanan dan minuman. Keadaannya mirip pasar malam yang penuh sesak dengan manusia. Akhirnya setelah melewati terowongan bawah tanah, kita sampai ke tugu simpang lima.

Meskipun secara historis saya masih belum menemukan asal muasal pembangunan tugu tersebut, namun secara simbolik menurut teman saya yang kebetulan orang Kediri aseli, tugu tersebut adalah maskot kota Kediri. Maka tidak heran jika bukan hanya warga pendatang seperti kami saja yang mendatangi tempat ini, warga sekitarpun tidak segan-segan untuk sekadar berfoto ria di depan maskot kota Kediri itu.

Gaya Anak Muda Jaman Sekarang



4 komentar:

Anonim mengatakan...

segera itu ceweknya dimintaa ke ortunya bung azharr

agus mengatakan...

segera itu ceweknya dimintaa ke ortunya bung azharr

Azhar Amrullah Hafizh mengatakan...

yang mana bung ? :D ... anda gimana blognya koq sudah mati :D

agus mengatakan...

yang kerudung merah itu lhoo, atau yg belakang anda ituu :))