Minggu, Agustus 15, 2010

Puasa dan Ibadah Sosial

Bismillahirrahmanirrahim

Puasa dan Ibadah Sosial

Assalamualaikum Wr. Wb.

الحمد لله ثم الحمد لله، الحمد لله حمداً يوافي نعمه ويكافئ مزيده، يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك ولعظيم سلطانك. سبحانك اللهم لا أحصي ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك. وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله وصفيه وخليله. خير نبي أرسله. أرسله الله إلى العالم كلِّهِ بشيراً ونذيراً. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاةً وسلاماً دائمين متلازمين إلى يوم الدين. أما بعد

Kasih sayang diantara muslim merupakan ajaran yang selalu kita temukan di dalam ajaran agama kita, seruan untuk bersatu dan bersepenanggungan serta ajakan untuk meninggalkan benih-benih permusuhan dan percekcokan. Allah berfirman :

هو الذي أيدك بنصره وبالمؤمنين وألف بين قلوبهم

Dialah yang memperkuatmu dengan pertolongan-Nya dan dengan para mukmin, dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman).

Islam adalah ajaran yang selalu menyeru pengikutnya untuk senantiasa memiliki rasa yang satu, yaitu rasa sebagai seorang muslim yang mana Rasulullah saw. menggambarkannya sebagai sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya sakit maka seluruh badan akan sakit pula, Rasulullah saw. bersabda :

مثل المؤمنين في توادهم وتراحمهم وتعاطفهم مثل الجسد إذا اشتكى شيئا تداعى له سائر الجسد بالسهر والحمى

Perumpamaan orang-orang mu’min di dalam kasih sayang mereka seperti badan yang jika salah satu bagiannya merasa sakit, maka anggota badan yang lain akan sulit tidur dan panas.

Dalam sabdanya yang lain Rasulullah saw. bersabda :

المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضا

Seorang mu’min bagi mu’min yang lainnya itu ibarat bangunan yang saling menyokong satu sama lainnya.

Disini kita bisa melihat bagaimana islam sangat memperhatikan solidaritas antara sesama. Solidaritas yang berdasarkan kepada satu keyakinan yang sama, sehingga dalam suatu hadist di sebutkan bahwa seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya.

المسلم أخو المسلم لا يظلمه و لا يسلمه و من كان في حاجة أخيه كان الله في حاجته و من فرج عن مسلم كربة فرج الله عنه بها كربة من كرب يوم القيامة و من ستر مسلما ستره الله يوم القيامة

Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim lainnya, ia tidak akan mendzalimi dan menjerumuskannya kepada kejelekan, dan barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan membantu kebutuhannya, dan barang siapa yang membebaskan seorang muslim dari kesusahan maka Allah akan membebaskannya dari kesusahan pada hari kiamat, barang siapa yang menutup aib seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.

Seorang muslim adalah saudara yang lebih dari saudara kandung, karena saudara kandung hanya dalam ikatan keduniaan saja, sedangkan saudara seiman adalah ikatan akhirat yang dapat membawa manusia ke syurga.

Jamaah shalat tarawih yang dimuliakan Allah …

Puasa di bulan Ramadhan bukan hanya merupakan ibadah individual, ia juga adalah ibadah sosial. Rasa lapar yang kita rasakan merupakan salah satu bukti bahwa puasa mengajarkan kita untuk merasakan apa yang orang-orang lain rasakan. Dari situ akan timbul rasa solidaritas sosial. Karena hal yang paling berkesan adalah jika kita dapat merasakan penderitaan yang orang lain rasakan, maka hal itu akan menyentuh aspek terdalam dalam diri manusia yaitu rasa senasib dan sepenanggungan.

Kita yang hanya merasakan lapar selama 17 jam akan tergugah dengan penderitaan orang lain yang mungkin sudah merasakan lapar lebih dari 17 jam. Maka puasa akan memberikan perubahan positif kepada mentalitas kita untuk membantu sesama. Dalam sebuah hadist rasulullah saw. menyebutkan tentang paling utamanya pekerjaan, sabda beliau :

أفضل الأعمال أن تدخل على أخيك المؤمن سرورا أو تقضي عنه دينا أو تطعمه خبزا

Pekerjaan yang paling utama adalah jika engkau membahagiakan seorang mu’min atau menunaikan hutangnya atau memberinya makan.
Sabda beliau juga :

أحب الناس إلى الله أنفعهم و أحب الأعمال إلى الله عز و جل سرور تدخله على مسلم أو تكشف عنه كربة أو تقضي عنه دينا أو تطرد عنه جوعا و لأن أمشي مع أخي المسلم في حاجة أحب إلي من أن أعتكف في المسجد شهرا

Manusia yang paling saya cintai adalah orang yang paling bermanfaat dan pekerjaan yang paling Allah cintai adalah rasa senang yang kau berikan kepada seorang muslim atau membantu kesusahannya atau menunaikan hutangnya atau memberinya makan, dan berjalan bersama saudaraku untuk suatu hajat lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid selama satu bulan.

Memberikan makan dan mengumpulkan orang-orang untuk makan merupakan salah satu pekerjaan yang paling utama, walaupun orang-orang yang dikumpulkan itu bukan orang fakir miskin, meski tentunya akan lebih baik jika mereka adalah orang-orang yang lebih membutuhkan dan sedang berpuasa.

Karena pahala yang akan didapatkan orang-orang yang memberi makan orang puasa adalah sama dengan pahala orang yang puasa tersebut tanpa dikuranginya pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun. Rasulullah saw. bersabda :

من فطر صائما كان له مثل أجره ـ غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا

Barang siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa dikurangi pahalanya sama sekali.

Lebih dari itu, malaikat akan bersholawat kepadanya dan malaikat Jibril akan menjabat tangannya. Rasulullah saw. Bersabda :

من فطر صائما في شهر رمضان من كسب حلال صلت عليه الملائكة ليالي رمضان كلها، وصافحه جبريل ليلة القدر، ومن صافحه جبريل عليه السلام يرق قلبه وتكثر دموعه

Barang siapa yang memberi makan orang berpuasa pada bulan Ramadhan dari hartanya yang halal, maka malaikat akan bersholawat kepadanya di setiap malam-malam Ramadhan, dan Jibril akan menjabat tangannya di malam lailaul qadr, dan barang siapa yang berjabat tangan dengan Jibril, maka hatinya akan lembut dan air matanya akan banyak.

Betapa besarnya penghormatan Jibril kepada orang-orang yang memberikan makan kepada orang berpuasa. Adapun maksud dari berjabat tangan dengan jibril pada malam lailatul qadr adalah isyarat bahwa orang tersebut akan memenangkan pahala malam 1000 bulan itu.

Juga orang-orang yang memberi makan orang berpuasa akan dibalas dengan jenis makanan yang ia berikan. Rasulullah bersabda :

أيما مؤمن سقى مؤمنا شربة على ظمأ، سقاه الله يوم القيامة من الرحيق المختوم. وأيما مؤمن أطعم مؤمنا على جوع، أطعمه الله من ثمار الجنة

Sesiapa mu’min yang memberi minum mu’min lainnya yang sedang haus, Allah akan memberinya minuman di hari kiamat dan Rahiq Al-Makhtum. Dan sesiapa mu’min yang memberikan makanan kepada mu’min lainnya yang sedang lapar, Allah akan memberinya makan dari buah-buahan syurga.

Sesedikit apapun makanan itu, allah akan membalasnya dengan yang lebih baik. Rasulullah saw. Bersabda :

من فطر فيه صائماً كان مغفرة لذنوبه وعتق رقبته من النار، وكان له مثل أجره من غير أن ينقص من أجره شيء "، قالوا: يا رسول الله ، ليس كلنا يجد ما يفطر به الصائم، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " يعطي الله هذا الثواب لمن فطر صائماً، على مذقة لبن، أو تمرة، أو شربة ماء، ومن سقى صائماً سقاه الله من حوضي شربة لا يظمأ بعدها، حتى يدخل الجنة

Barang siapa yang memberi makanan orang berpuasa, maka itu adalah ampunan bagi dosa dan pembebasannya dari api neraka, dan ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa dikuranginya pahala orang yang berpuasa itu sama sekali, mereka (sahabat) berkata : Wahai Rasulullah, tidak semua kami dapat memberi makan orang berpuasa, Rasulullah saw. Menjawab : Allah akan memberikan pahala kepada siapa yang memberi makan orang berpuasa, pada cicipan susu, atau kurma, atau tegukan air, dan barang siapa yang memberi minum orang berpuasa, Allah akan memberinya minum dari Haudh (sungai)-ku dengan minuman yang ia tidak akan haus setelah meminumnya sampai ia masuk syurga.

Memberi makan orang berpuasa juga merupakan akhlak orang-orang sholeh. Junjungan kita nabi Muhammad saw. Merupakan teladan yang patut kita contoh dalam hal ini. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس، وكان أجود ما يكون في رمضان

Rasulullah saw. Adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi ketika bulan Ramadhan.

Jamaah shalat taraweh yang dimuliakan Allah …

Suatu ketika seorang salaf ditanya : Kenapa puasa disyariatkan ? Ia menjawab : Agar orang-orang kaya merasakan rasa lapar sehingga ia tidak lupa dengan orang-orang yang lapar.

Maka marilah bersama-sama kita pergunakan bulan yang penuh rahmat ini, untuk kembali menabur benih-benih kebaikan kepada sesama. Marilah kita pergunakan barokah di bulan ini untuk meningkatkan amalan ibadah kita, baik itu Ibadah vertikal (hablun minallah ) dan ibadah horizontal (hablun minan-nas) sehingga nanti kita dapat keluar dari bulan ini dengan kemenangan besar yaitu terbebas dari api neraka dan terlahir kembali seperti bayi.

هدانا الله و إياكم

Wassalamualaikum Wr.Wb.

4 komentar:

Alam..... mengatakan...

enggi pebennyak ade'er kalo buln puasa tak pas takok kalaparan disiang harinya.....coman bagi2 tretan cabisnah ollenah semalemah... kwkwkwkwwkw

Anonim mengatakan...

مهلا ، حاولت أن البريد الإلكتروني الذي المتعلقة لهذا المنصب لكن ارين؟ تي قادرة على الوصول إليك. يرجى البريد الالكتروني لي عندما تحصل على لحظة. شكرا.

Anonim mengatakan...

ومن الواضح ان هناك الكثير لمعرفة ذلك. أعتقد أنك قدمت بعض النقاط الجيدة في ميزات أيضا. الاستمرار في العمل ، عملا عظيما!

Anonim mengatakan...

Saya baru mulai weblog , data yang Anda berikan pada situs web ini telah sangat membantu saya . Terima kasih untuk semua waktu Anda u0026 bekerja.