Selasa, Agustus 17, 2010

Merdeka Atau Mati

Alhamdulillah sudah 65 tahun bangsa ini menghirup kemerdekaannya. Kemerdekaan yang didapatkan dengan perjuangan dan tetesan darah leluhur kita. Kemerdekaan setelah lebih dari tiga setengah abad menjadi bangsa jajahan yang lemah. Namun akhirnya pada 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia mampu untuk memproklamirkan dirinya sebagai bangsa yang merdeka.

Sebuah anugerah juga hasil dari daya upaya leluhur kita sehingga pada waktu itu bangsa Indonesia dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di muka bumi ini.


Sungguh kemerdekaan bangsa ini betul-betul diperoleh dengan kerja keras dan pengorbanan tiada tara dana seluruh anak bangsa ini. Sehingga walapun pada 10 November 1945 pasukan Inggris dan sekutu ingin kembali menjajah Indonesia, namun usaha mereka akhirnya sia-sia karena darah-darah anak bangsa ini tidak mau kemerdekaan yang baru saja diperoleh direbut begitu saja oleh penjajah baru.

Bung Tomo yang pada waktu itu menjadi pemimpin pasukan Indonesia di Surabaya berpidato dengan sangat lantang dan menggebu-gebu. Sehingga kata-kata beliau 'merdeka atau Mati' selalu terngiang ngiang di hati para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari invasi Inggris dan sekutu pada waktu itu. Tidak lupa deretan takbir bertalu talu dalam pidato Bung Tomo menggetarkan dada-dada anak bangsa baik dulu dan sekarang, sehingga perjuangan untuk mempertahankan kemerdakaan itu begitu terasa 'indah' dan 'membanggakan' ...

Merdeka atau Mati, Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar ...

2 komentar:

Isti mengatakan...

Dirgahayu RI. Semoga makin jaya dan sejahtera

Azhar Amrullah Hafizh mengatakan...

Selamat hari kemerdekaan :) semoga indonesia kita selalu jaya dan barokah ...