Minggu, Februari 28, 2010

Keputusan Salah

Jalan hidup, selalu itu yang menjadi alasan bagi orang-orang yang gagal. Bukankah semua kegagalan itu berasal dari diri kita sendiri ? Mungkin beberapa orang akan mengatakan bahwa kegagalannya bukan karena murni darinya, namun hanya sebuah kesalahan kecil dalam mengambil sebuah keputusan.

Yah, keputusan ... be gentle man, berani berbuat berani bertanggung jawab. Itulah mungkin kenapa seorang dewasa itu diartikan dengan orang yang mampu dan bisa membuat keputusan. Walaupun keputusannya tidak tepat, ia harus responsible dan tidak terlarut dengan ketergelinciran.

Memang kalau diperhatikan, kehidupan ini adalah kumpulan dari keputusan-keputusan. Mulai dari apa yang 'harus' dilakukan atau 'bagaimana' hal itu akan dilakukan, sampai hal-hal yang dilematis seperti apakah saya akan hidup atau mati.

Yang salah bukan keputusannya, tapi sikap kita dalam menghadapi keputusan itu. Lagi-lagi yang salah kembali kepada diri pribadi. Yah, apa boleh buat, pada akhirnya yang harus disalahkan adalah 'AKU'.

Maka aku sekarang harus berbuat apa ? Apakah kesalahan dalam mengambil keputusan akan dilanjutkan dengan kesalahan pengambilan yang lain ? Bukankah orang yang sedang kalut akan keruh suasana hatinya yang akhirnya ia akan kembali lagi mengambil keputusan yang salah ?

Ah, kata siapa ? Jangan terlalu mendramatisir masalah. Fikirkan lagi dengan jernih, apa keputusanmu yang akan datang. Karena saya lihat kamu terlalu 'terburu-buru' dan 'panikan'.

Tetap calm down dong jika mau tepat dalam mengambil keputusan. Karena apapun yang menjadi 'hasil' itulah 'ijtihad'mu. Tak tercela kan seorang yang berijtihad ? Apalagi nasi sudah menjadi bubur. Nonsen jika terus-menerus cengeng dalam keterpurukan. Bukankah kamu sudah menjadi lelaki yang 'dewasa' ?

2 komentar:

Belgis mengatakan...

"bukankah kita sudah menjadi lelaki dewasa?"
Hmm... Tulisan ini hanya untuk lelaki dewasa ya??? Lalu,Kalau perempuan gimana seharusnya dalam mengambil keputusan? Sama aja atau ada yg beda? ^_^

Azhar Amrullah Hafizh mengatakan...

iya ... sama ... lk pr :D