Kamis, Januari 07, 2010

Kapan Indonesia Masuk Piala Dunia?

Sungguh mengejutkan, sorang penonton dengan baju bola tim Indonesia masuk ke lapangan di akhir pertandingan Indonesia lawan Oman. Saya tercengang, sebegitu kesalkah penonton itu sehingga ia memberanikan dirinya untuk melakukan ‘protes’ tersebut ?

Ya, itu adalah protes buat dunia sepakbola kita. Protes yang mungkin mewakili jutaan penonton pertandingan di malam ini. Seakan ia hendak mengatakan kepada PSSI, saya saja bisa menggolkan, kenapa sebelas pemain dari dua ratus sekian juta orang dibuat seperti ‘kambing bodoh’ oleh Oman yang hanya negara kecil itu ?

Ya, saya sehati dengan penonton tersebut. Ia adalah perwakilan rakyat Indonesia. Ia adalah bukti bahwa kita sebagai bangsa begitu memalukannya. Dua ratus juta orang yang tidak bisa bermain bola. Dua ratus juta orang yang hanya selalu menjadi penonton. Jutaan rakyat yang hanya bisa menjadi fans klub-klub Eropa.

Mungkin kalau bisa saya usul. Tolong jadikan penonton itu sebagai ketua PSSI. Karena dia masih memiliki ‘nurani’ sebagai insan olahraga. Ia adalah kejujuran bagi bangsa ini. Ia juga adalah simbol kebangkitan sepakbola khususnya dan olahraga Indonesia pada umumnya. Hidup olahraga Indonesia.

1 komentar:

Fa mengatakan...

nice blog... :) lg blog walking :)