Sabtu, September 12, 2009

Gerak

Suatu hal yang sangat menakjubkan telah terjadi, tepatnya 2 tahun lalu seorang teman saya ketika itu masih memiliki status yang sama dengan keadaan yang hampir sama dengan apa yang saya alami, namun sekarang, sungguh dia telah melangkah dengan berlari... dia menjadi orang sukses dalam tempo 2 tahun saja. Pertanyaannya adalah, Apa yang bisa membuat seseorang itu bekerja dengan giat ?

Fikiran saya selalu terfikir, dalam segi potensi, saya rasa tidak jauh berbeda antara saya dan dia, namun apa yang terjadi pada dirinya sehingga dia begitu cepat melangkah? Apakah tekanan-tekanan itu akan bisa membuat orang semakin bersemangat dalam mengarungi kehidupannya ? Ataukah karena dia hanya beruntung saja ? Atau mungkin dia sudah ditakdirkan demikian ? Saya tidak tahu apa pertanyaan yang paling tepat, namun yang jelas yang paling saya yakini adalah bahwa dia sudah melakukan sebuah gerakan.

Yah, dia sudah bergerak dan mencoba untuk merubah dirinya sendiri. Ia tidak pernah diam, ia terus berjalan dengan dinamika kehidupan, atau dalam bahasa lain ia telah berjalan di atas jalan yang telah Allah gariskan dengan sunnah-sunnahnya. Ia tahu bahwa jika ia haus maka perbuatan yang harus ia lakukan akan dengan menggerakkan kedua kakinya untuk mencari air minum dan kemudian menggerakkan tanggannya untuk mengambil air tersebut kemudian dia minum.

Ia seakan-akan tahu jika langit itu mustahil menurunkan hujan emas. Kehidupan itu bukan sebuah mimpi indah, ia adalah perjuangan dan yang paling penting ia adalah gerakan-gerakan dalam hidup ini. Berjalan berdasarkan sunnatullah inilah yang saya rasa menjadi jawaban tepat dari sebuah pertanyaan majhul yang tidak pernah saya ketahui hakikatnya tentang, kenapa orang itu bisa lebih dari saya ?

Coba kita fikirkan, apa kesamaan dan perbedaan dari orang yang lari di tempat dan orang yang lari dengan menyusuri jalan ? Yang paling jelas adalah, kesamaannya mereka berdua sama-sama merasakan kelelahan karena berlari, namun yang membedakan adalah bahwa yang pertama masih di tempat awal dia memulai, sedang yang kedua sudah melewati tempat awal dia memulai...

Yusuf Abbas, 12 September 2009

4 komentar:

agus r mengatakan...

saya sangat terinspirasi dengan tulisan ini :)

Azhar Amrullah Hafizh mengatakan...

waw ... dimana tuh yang menginspirasi anda ?

agusr mengatakan...

tulisan semua itu yang di Gerak. gara2 gerak tadi pagi saya olah raga bergerak. biar dapat kringat dan perut biar gak buncit :D ada lebih satu kilo tadi pagi

Belgis mengatakan...

Dosenku bilang jika kita yakin bahwa kita bisa maka kita bisa,tp jika kita sudah yakin kita tidak bisa maka kita tidak akan pernah bisa,,,
so,menurutku sematkan optimis dalam diri memang perlu \(^_^)/