Selasa, Maret 10, 2009

Baiti Jannati

Dekorasi rumah itu sangatlah penting, namun yang paling penting adalah bagaimana membuat suasana rumah menjadi tentram aman dan menyenangkan. Kadang, kita melihat rumah-rumah yang sangat indah dekorasinya, namun rumah itu tampak suram. Tidak ada canda tawa yang menghiasinya, tidak ada jerit tangis anak-anak kecil yang membuatnya terasa hidup.

Namun setidaknya, asumsi awal setiap orang adalah bahwa rumah yang memiliki dekorasi yang baik itu akan memberikan kenyamanan pada orang-orang yang tinggal di rumah itu. Tata letak barang-barang tentunya akan berpengaruh pada bagaimana pandangan (view) rumah itu. Semakin banyak barang-barang yang tidak urgen ada, maka rumah akan semakin tampak sesak. Pun sebaliknya, jika rumah tidak memikili asesoris yang cukup, maka ia bisa dibilang kurang sempurna.

Maka langkah yang paling baik adalah dengan memplaning perabot-perabot rumah yang urgen dan yang harus ada, agar rumah memiliki asesoris yang lengkap, lalu setelah itu pencatatan barang-barangnya kemudian planning penempatan barang-barang tersebut. Ukuran barang-barang itu juga harus disesuaikan dengan luas tidaknya ruangan di rumah. Semakin besar ruangan, semakin memungkinkan untuk meletakkan barang-barang yang besar seperti lemari dan lain sebagainya.

Untuk lebih membuat suasana ruangan bertambah luas, bisa dengan meletakkan beberapa cermin. Juga jangan lupa untuk membuat ventilasi yang cukup buat ruangan, karena jika ventilasi kurang baik, maka akan berpengaruh kepada sirkulasi udara di dalam ruangan, sehingga kadang harus membutuhkan air conditioner untuk mengatasi masalah ini.

Setelah dekorasi selesai, maka satu lagi hal urgen yang harus diperhatikan yaitu bagaimana membuat rumah se-ceria dan se-menyenangkan mungkin. Hal ini bisa diatasi dengan menyedian beberapa pelengkap asesoris rumah seperti aquarium, kandang burung, dan lain sebagainya. Juga jangan lupa posisi balkon dan kamar dengan pemandangan yang natural dan hijau.

Dua hal diatas merupakan termasuk hal-hal yang urgen untuk membuat rumah hidup dan menyenangkan. Bahkan orang-orang arab sampai memberi istilah, baiti jannati yang artinya rumahku syurgaku.... :)

2 komentar:

AgusR mengatakan...

setelah dekorasi dan kemudian rumah, kamar bersih tinggal nunggu pinangan wanita aja om azhar :D

Azhar Amrullah Hafizh mengatakan...

he he he...masalahnya nggak ada yang mau ke saya gus :(