Jumat, Desember 19, 2008

Masa Lalu


Semua manusia memiliki masa lalu. Ia adalah sejarah yang pernah manusia alami. Masa lalu kadang manis, kadang pula pahit. Manusia kadang lupa bahwa ia bisa mengambil pelajaran dari masa lalunya.

Al-Quran adalah bukti nyata, bahwa masa lalu sangatlah penting. Betapa banyak cerita-cerita tentang masa lalu dalam Al-Quran. Baik itu cerita-cerita tentang para rasul dan kaumnya sampai cerita manusia-manusia biasa seperti kita. Ya, hal itu karena masa lalu sangat penting.

Maka tidak heran, jika Al-Quran selalu menutup ceritanya dengan sebuah kata, ibrah, pelajaran...ya, semua masa lalu harus bisa diambil ibrah dan pelajarannya. Karena seorang mu'min itu tidak akan terjatuh pada satu lobang dua kali.

Kadang kita terlupa bahwa apa yang terjadi pada diri kita dahulu adalah sebuah nikmat yang sangat besar, baik masa lalu itu nikmat atau derita, karena sekarang kita bisa mengambil pelajaran sehingga tidak terjatuh lagi atau bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kenikmatan yang telah dicapai.

Maka benar orang yang mengatakan bahwa orang yang tidak memiliki masa lalu tidak akan memiliki masa kini, dan orang yang tidak memiliki masa kini maka ia tidak akan memiliki masa depan. Juga benar orang yang mengatakan bahwa masa lalu adalah sejarah, masa depan adalah impian dan masa kini adalah anugerah. Maka beruntunglah orang yang bisa mempergunakan anugerah yang telah ia dapatkan dan lebih beruntung lagi jika ia bisa menjadikan sejarahnya sebagai cermin dan menjadikan masa depannya sebagai cambuk.

Tidak ada komentar: