Rabu, Maret 28, 2007

Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Lama kita ketahui bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Ia selalu mengajarkan hikmah yang terkandung dalam setiap gerak gerik kita di masa lalu. Bahkan dalam ajaran agama pun, pengalaman sering disebut-sebut sebagai ayat (tanda-tanda kebesaran Allah) untuk dijadikan bahan renungan dan pelajaran bagi manusia disetiap tempat dan waktu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan banyak pengalaman, baik itu pengalaman kita sendiri, atau pengalaman orang-orang yang berada di sekitar kita. Namun kadang kita lupa, bahwa pengalaman –pengalaman tersebut memiliki makna halus yang hanya bisa dirasakan oleh manusia berhati lembut.

Yah, karena dengan kelembutan hati, manusia bisa merenungkan sebuah pengalaman. Karena hati adalah inti maka, ia bisa mengambil sari pati, dengan syarat ia sehat dan jernih. Maka manusia yang berhati keras tidak akan mampu mendengar pesan pengalaman karena hatinya sudah tuli, bisu dan buta.

Sungguh beruntunglah manusia berhati lembut karena ia bisa berguru dengan guru yang paling baik. Sebaliknya juga merugilah manusia berhati kasar yaitu orang-orang yang tidak bisa mempergunakan pengalaman sebagai guru yang paling baik.

Masakin Ostman, 27 Maret 2007

Tidak ada komentar: