Minggu, September 10, 2006

Maktabah Usroh 2006

Maktabah Usroh 2006
(menciptakan pembaca yang toleran)
Maktabah Usroh lagi-lagi muncul dengan buku-buku berkualitas berharga murah. Bayangkan saja, dengan cuma uang LE 1.5 (kira-kira Rp. 2000,-) kita sudah bisa menikmati buku-buku berkualitas. Dari buku-buku terjemahan, turast, buku sosial, sastra, teknologi dan tema-tema lain.

Program maktabah usroh ini memang menjadi program tahunan pemerintah di Mesir atas inisiatif dan pengawasan ibu Negara Suzan Mubarak. Program yang bertujuan untuk membumikan budaya membaca ini memang berdampak besar terhadap perkembangan kebudayaan dan pemikiran di Mesir ini.

Untuk tahun ini (2006) tema besar yang yang diangkat maktabah usroh adalah “kebudayaan adalah bahasa perdamaian”. Sebanyak 300 judul buku akan diterbitkan dengan tujuan terciptanya iklim kedudayaan dan pemikiran yang kondusif terhadap perdamaian dan toleransi serta memperdalam arti berbangsa dan bernegara. Juga untuk memahamkan nilai keikutsertaan wanita dalam ranah publik, reformasi kebudayaan, pemikiran kritis, dialog dan kerjasama dengan masyarakat dunia yang lain.

Hal ini hemat penulis merupakan sebuah contoh konkrit campur tangan pemerintah untuk turut serta membangun perdamaian nasional dan global. Karena, seperti yang kita tahu banyak kelompok-kelompok ekstrimis garis keras yang berpusat di negeri seribu menara ini. Dan salah satu cara untuk membendung pemikiran ekstrim adalah dengan menyebarkan bacaan-bacaan yang toleran dan moderat.

Untuk mahasiswa Indonesia di Mesir, proyek ini bukan hanya sebagai berkah karena buku-buku tersebut berkualitas namun juga bisa mengirit pengeluaran. Karena kalau kita selidiki, ternyata harga aseli buku-buku yang dimaktabah usroh-kan tersebut lumayan menguras isi dompet. Namun, karena ada subsidi pemerintah maka harganya menjadi miring.

Sayangnya, buku-buku tersebut sudah jarang kita temui di toko2 kecil di pinggir jalan. Bagi yang berminat bisa memburunya di pusat-pusat penjualannya. Yang penulis tahu hanya satu yaitu disamping perpustakaan darul kutub (hayah ammah) di tahrir.

Selanjutnya silahkan anda-anda mencarinya sendiri… selamat berburu J!!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas azhar? gegek khobius kunjungi juga molik gua di www.agusromli.blogdrive.com